Tari reog ponorogo :Reog Ponorogo Web

Tari reog ponorogo

Diposting oleh Unknown on Kamis, 14 Februari 2013

Tari Reog Ponorogo
Tari Reog Ponorogo
Reog Ponorogo, adalah budaya yang sudah mendarah daging bagi masyarakat Ponorogo. Bahkan anak kecilpun jika ditanya tentang reog ponorogo, pasti mereka dapat menjawab.  Paling tidak menunjukkan ekspresinya senang, takut atau ikut menari-nari atau menirukan bunyi musiknya.

Itulah pemandangan yang lumrah di kota reog ini. Dan lagi jika kita jalan-jalan dikota reog setiap kita masuk gang atau jalan kita ketemu gapura bercorak reog. Dari yang sederhana sampai menggambarkan bentuk patung kesenian reog lengkap.
Setiap desa wajib punya satu unit kesenian reog, tapi ada juga yang lebih dua atau tiga bahkan empat. Reog Ponorogo tak dapat lepas dari kehidupan masyarakat ponorogo dalam sehari-hari. Bahkan pemerintah daerah menggunakan kata-kata REOG untuk , gerakan masal. Ponorogo kota reog artinya ponorogo kota yang R=resik artinya bersih, E=elok artinya indah kotanya, O=omber artinya rakyatnya makmur , dan G=girang-gemirang artinya bahagia rakyatnya.

Bahkan sekarang ini reog ponorogo semakin berkembang, masuk dalam dunia pendidikan. Sekolah-sekolah di ponorogo mulai TK sampai SMA, pelajaran seni reog diperkenalkan sampai dimasukkan dalam kurikulum Mulok (muatan lokal) ataupun kegiatan ekstrakurikuler.

Semangat dari kompetisi untuk tampil yang terbaik, tertuang dan tersalurkan pada festifal reog nasional setiap bulan sura, dan khusus para pelajar  yang disebut reog mini , festifal reog pada bulan agustus setiap tahun. Suatu kebanggaan sendiri bagi yang menang.

Reog juga digunakan sebagai kesenian wajib pada acara bersih desa, diarak keliling kampung. Hal inilah yang sering dinantikan oleh anak-anak, remaja , oang tua maupun manula, mereka semua keluar untuk memeriahkannya.

Jika ingin melihat kesenian reog yang tampil langsung ( life ) di panggung besar alun-alun ponorogo, anda datang saja pada malam bulan purnama. Pasti ada dan cukup meriah. Silahkan datang ya?


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar